Pages

Kamis, 04 Mei 2017

Mengamati perkembangan koordinasi mata dan tangan
2 mei 2017

kegiatan hari ini di rumah belajar rayya adalah meronce dan membuat gambar stempel dari batang pisang. kegiatan ini diharapkan dapat menunjang untuk perkembangan mata dan tangan anak. peserta di rumah belajar rayya ada 5 anak dari usia 2,5 sampai 5 tahun. dalam level 2-5 tahun anak  mulai berinteraksi dengan lingkungannya. Proses yang terjadi adalah masa perkembangan bicara dan bahasa, pembentukan persepsi visual, penguasaan tingkat persepsi yang lebih tinggi, merasakan benda melalui menyentuh, memegang, dan menggerakkannya, serta masa berkembangnya koordinasi mata-tangan.
Banyaknya pengalaman di level sebelumnya akan menjadi bank data dalam membentuk persepsi visual. Anak di usia ini sudah mengenali apa yang ia lihat, apa yang harus dia lakukan dengan objek yang ia lihat, dan apabila melihat benda yang baru, berdasarkan pengalamannya ia akan percaya diri akan apa yang bias dilakukan terhadapnya. Sebagai perkembangan selanjutnya, ia mulai menguasai tingkat persepsi yang lebih tinggi. Level ini juga merupakan masa penting bagi koordinasi mata dan tangan. Di usia yang muda, tangan dan jari akan berusaha meraih atau mencoba melakukan hal yang dilihat oleh mata. Semakin berkembangnya koordinasi mata dan tangan akan membuatnya siap untuk kegiatan yang lebih kompleks seperti merakit dan menulis.
kegiatan meronce dapat melatih koordinasi mata dan tangan anak, jg membuat stempel dengan batang pisang. dari kegiatan meronce melatih ketekunan dan kesabaran anak. untuk membuat stempel anak bereksplorasi dengan stempel yg dibuat dr batang pisang di celup ke pewarna dan dicap ke kertas polos.
hasil pengamatan utk meronce anak yg berusia 2-3 tahun memang harus dibimbing karena sifatnya pengenalan. sedangkan anak yg berusi 4-5 tahun sdh bisa melakukan dengan melihat pada contoh. untuk membuat stempel ada yg masih perlu penguatan koordinasi tangan, perlu distimulasi lg motorik halusnya karena tekanannya masih lemah.
segini dulu cerita hari ini.. keep learning keep fun



#TantanganHariKe-4
#Level4
#GayaBelajar
#BunsayIIP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share